tol listrik

Ada ‘Tol Listrik’ 500 kV, Bali Bisa Saingi Singapura

Ada ‘Tol Listrik’ 500 kV, Bali Bisa Saingi Singapura

KABAR47.COM – Pembangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) berkapasitas 500 kV yang menghubungkan sistem kelistrikan di Jawa dan Bali terus dilanjutkan.

SUTET 500 kV Bali Crossing bertujuan untuk memperkuat pasokan listrik ke Bali. Ada surplus listrik yang besar di Jawa Timur, ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung pariwisata di Bali. Dengan adanya perluasan transmisi 500 kV, PLTU di Jawa Timur bisa menyuplai ke Bali.

‘Tol listrik’ 500 kV ini bisa mengirim listrik hingga 2.000 MW dari Jawa Timur ke Bali. Dengan begitu, Bali bisa memiliki cadangan daya (reserve margin) yang sangat melimpah, lebih dari 100%, setara dengan Singapura, pasokan listriknya sangat aman.

jelaspoker

Selain itu, biaya produksi listrik lebih efisien kalau menggunakan PLTU di Jawa Timur. Keandalan pembangkit dan jaringan dari Jawa Timur juga sudah bagus.

“Itu sangat efisien, karena bisa mengirimkan daya sampai 2.000 MW dari Jawa Timur. Begitu itu selesai, Bali jadi satu daerah percontohan yang mempunyai reserve margin yang tinggi, menyaingi Singapura lah. Sekali-kali ada daerah yang saingi Singapura lah yang reserve margin-nya tinggi. Kita nggak perlu deg-degan. Singapura kan tenang nggak pernah ada masalah. Sekali-kali ada daerah yang gitu lah,” kata Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur dan Bali PLN , Amin Subekti, saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Ia menambahkan, Jawa Timur yang beban puncaknya 5.600 MW punya surplus 3.200 MW karena total daya mampu mencapai 8.800 MW. Surplus yang melimpah ini bisa dikirim sebagian ke Bali.

Kebutuhan listrik Bali sendiri saat ini masih 840 MW saat beban puncak. Namun dengan pertumbuhan konsumsi listrik yang mencapai sekitar 10% per tahun, ke depan Bali akan membutuhkan pasokan dari Jawa Timur.

“Di Jawa Timur kita punya pembangkit 8.800 MW, sementara bebannya sekitar 5.600 MW, ya sekitar segitu lah. Bali dalam jangka dekat nggak banyak. Tapi kita antisipasi pertumbuhan di masa yang akan datang. Jadi misalnya gini, kalau ngomong berapa tergantung kebutuhan. Hari ini puncak beban Bali kan terakhir 840 MW, katakanlah tumbuh 15% artinya 120 MW. Itu kalau 15%. Kalau 10% ya kira-kira 84 MW,” tuturnya.

Sekarang proyek SUTET 500 kV Jawa-Bali ini masih menunggu penetapan lokasi dari Pemda Bali. “Terakhir saya ketemu Gubernur Bali dua minggu sebelum puasa, beliau masih akan memanggil timnya. Tim itu sedang identifikasi jalur-jalur. Mereka sedang bekerja dan mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada kesimpulan mengenai penetapan lokasi. Yang kita butuhkan kan penetapan lokasi,” tukas dia.

Diharapkan lokasi sudah ditetapkan dalam waktu sekitar 2 minggu ini agar pembebasan tanah bisa dimulai. “Kalau saya mengharapkan seminggu dua minggu lagi. Kan penetapan lokasi dulu, kalau sudah dapat kita melakukan pembebasan tanah untuk jalur transmisi, dan habis itu cepat,” ujar Amin.

Diakuinya, ada pihak-pihak di Bali yang tak setuju dengan pembangunan SUTET 500 kV dari Jawa. Pihak yang menentang itu ingin listrik untuk Bali dipasok dari pembangkit-pembangkit di pulau itu saja, bukan dari Jawa.

Tapi PLN tetap ingin proyek ini jalan karena Bali sebagai destinasi wisata harus dijaga kebersihan udaranya, kurang bagus kalau membangun pembangkit batu bara di Bali. Lagipula lebih efisien mengirim surplus listrik dari Jawa Timur ketimbang membangun pembangkit baru di Bali.

“Kita mendengar berbagai pendapat. Tapi kalau Pemda sendiri yang saya tahu masih konsisten untuk menjadikan Bali sebagai clean and green province. Kalau begitu, artinya kan harus menggunakan sumber daya yang lebih bersih. Di sana biar saja tetap jadi daerah pariwisata,” katanya.

Apalagi, proyek tol listrik Jawa-Bali sudah ditetapkan dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) yang ditandatangani Menteri ESDM. Ini pegangan PLN.

“Kita sih sebenarnya begini ya, bottom line-nya PLN kan menjalankan amanatnya RUPTL yang dibuat Kementerian ESDM. Ya kita laksanakan saja, yang sudah ditandatangani menteri itu sutet 500 KV. Belum ada perubahan apapun,” pungkasnya.

“Daftarkan segera diri anda bersama kami di jelasbola, proses daftar-deposit-withdraw yang mudah dan cepat 24 jam, hanya dengan deposit 50 ribu saja anda sudah bisa bergabung bersama JELASBOLA Agen Judi Online Terpercaya”

JELASBOLA POSTING BANNER

Silahkan Hubungi Costumer Service JELASBOLA
Kami Siap Membantu Anda 24 jam non-stop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *