Butuh 15 Tahun Untuk Pemindahan Ibu Kota

Butuh 15 Tahun Untuk Pemindahan Ibu Kota

Butuh 15 Tahun Untuk Pemindahan Ibu Kota

Kabar47.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bappenas Bambang PS Brodjonegoro memperkirakan proses pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke lokasi baru merupakan proyek jangka menengah, proses tersebut diperkirakan memakan waktu empat hingga lima tahun ke depan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bappenas Bambang PS Brodjonegoro mengatakan optimis dengan persiapan pindah bisa dimulai dari tahun depan setelah skema pendanaan rencana tersebut rampung pada tahun ini dan juga mengusulkan pemindahan ibu kota dapat menggunakan skema kerja sama permerintah dengan badan usaha atau Public Private Partnership (PPP).

Untuk saat ini Bappenas masih merencanakan beberapa kebutuhan biaya untuk mewujudkan pemindahan ibu kota tersebut, namun Bambang meyakinkan bahwa beban yang ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan dibuat seminimal mungkin dan Bambang juga mengatakan bahwa sedang diestimasi yang penting status lahan adalah mili negara sehingga tidak perlu biaya pembebasan lagi.

jelaspoker

Sebelumnya Bambang juga mengatakan salah satu tempat yang mungkin menjadi tujuan ibu kota baru adalah kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Namun, Bambang menegaskan pemerintah sejauh ini belum menentukan lokasi. Dengan pindahnya pusat Administrasi negara, Jakarta akan fokus berperan sebagai pusat kegiatan keuangan atau finansial. Hal itu serupa dengan yang diterapkan Amerika Serikat dengan ibukota negara Washington D.C. dan pusat ekonomi New York, maupun Brazil dengan ibukota negara Brazilia dan pusat ekonomi Sao Paulo.

Apabila rencana pemindahan ibu kota ini terwujud, Bambang berharap disparitas ekonomi di Pulau Jawa dan luar Jawa bisa menciut, pada kuartal 1 2017 lalu, Badan Pusat Statistik mencata Jawa memberikan kontribusi terbesar terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia yakni sebesar 58,49 persen.

Selain itu Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia Bernardus Djonoputro juga mengatakan bahwa terkait tentang rencana pemindahan ibu kota negara tidak akan langsung melahirkan daerah Pusat pertumbuhan ekonomi baru, dinilai Bernardus hal itu dikarenakan yang dipindahkan adalah pusat pertumbuhan ekonomi baru dikarenakan misinya bukan itu tetapi misinya adalah memberikan pelayanan.

Berdasarkan penilaian Bernardus syarat yang dibutuhkan sebuah kota untuk menjadi daerah pusat pemerintahan adalah memiliki fasilitas minimum yang berkaitan dengan layanan kebutuhan hidup dengan kata lain harus world class.

“Daftarkan segera diri anda bersama kami di jelasbola, proses daftar-deposit-withdraw yang mudah dan cepat 24 jam, hanya dengan deposit 50 ribu saja anda sudah bisa bergabung bersama JELASBOLA Agen Judi Online Terpercaya”

JELASBOLA POSTING BANNER

Silahkan Hubungi Costumer Service JELASBOLA
Kami Siap Membantu Anda 24 jam non-stop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *