Dubes RI Untuk Austria Jadi Ketua Dewan Gubernur Badan Nuklir Dunia

Dubes RI Untuk Austria Jadi Ketua Dewan Gubernur Badan Nuklir Dunia

Dubes RI Untuk Austria Jadi Ketua Dewan Gubernur Badan Nuklir Dunia

Kabar47 –  Darmansjah Djumala yang merupakan Duta Besar Indonesia untuk Austria dipilih menjadi Ketua Dewan Gubernur Badan Tenaga Atom Internasional (International Atomic Energy Agency/IAEA). Untuk diketahui, Dewan Gubernur adalah badan pengambilan keputusan yang tertinggi dalam badan nuklir dunia tersebut. Darmansjah sendiri menyatakan bahwa jabatan ini juga pernah diemban pihak dari Indonesia pada pertengahan tahun 1980-an.

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari Sekretaris Kedua Fungsi Pensosbud KBRI/PTRI Wina, yakni Wina Retnosari, proses pengukuhan Darmansjah yang ditunjuk sebagai Ketua Dewan Gubernur IAEA sudah dilakukan di Sekretariat IAEA di Wina pada hari Senin lalu waktu setempat. Darmansjah sendiri di dalam keterangan tertulisnya yang telah dikirimkan melalui pihak KBRI Wina menyebutkan bahwa posisi yang penting ini kembali dipercayakan oleh wakil dari Indonesia, karena adanya selang waktu yang cukup lama dan terakhir kali Indonesia telah menjabat pada tahun 1985 silam.

jelaspoker

Kini Darmansjah yang telah sah menjadi Ketua Dewan Gubernur IAEA yang ke-64, juga akan dibantu oleh dua orang wakil ketua, yakni Duta Besar Liselotte Kjærsgaard Plesner yang berasal dari Denmark dan Duta Besar Andrej Benedejcic yang berasal dari Slovenia. Nantinya mereka yang akan memperkuat peran penting IAEA di dalam mengejawantahkan motonya ‘Atoms for Peace’ di dalam segala aktivitasnya, yang telah meliputi beberapa bidang yang penting dan dari berbagai aspek, salah satunya seperti non-proliferasi dan juga perlucutan senjata nuklir, bagaimana keamanan dan keselamatan sebuah nuklir, energi kekuatan nuklir, kesehatan, pangan maupun pertanian, lingkungan hidup, dan juga manajemen untuk sumber daya air.

Menurutnya, sangat penting dukungan dari seluruh anggota Dewan Gubernur dan negara-negara dari anggota IAEA untuk memperkuat peran dari sentral Dewan Gubernur yang akan merumuskan dan juga memutuskan kebijakan yang dirasa pas untuk kepentingan dari negara-negara anggota. Hal tersebut juga penting di dalam rangka meningkatkan bahwa kontribusi IAEA dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dapat melalui berbagai program kerja sama yang secara teknis dalam bidang IPTEK dan juga aplikasi nuklir untuk tujuan yang damai.

IAEA sendiri merupakan sebuah organisasi independen yang telah didirikan pada 29 Juli tahun 1957 dengan tujuan untuk dapat mempromosikan penggunaan energi nuklir yang digunakan dengan damai serta menangkal penggunaannya kepada keperluan militer dan hingga kini anggotanya sudah mencapai 168 negara.

AGEN CAPSA ONLINE | ADUQ ONLINE | BANDARQ ONLINE

“Daftarkan segera diri anda bersama kami di jelasbola, proses daftar-deposit-withdraw yang mudah dan cepat 24 jam, hanya dengan deposit 50 ribu saja anda sudah bisa bergabung bersama JELASBOLA Agen Judi Online Terpercaya”

JELASBOLA POSTING BANNER

Silahkan Hubungi Costumer Service JELASBOLA
Kami Siap Membantu Anda 24 jam non-stop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *