Di Indonesia Penganut Kepercayaan Mencapai 130 Ribu Orang

Di Indonesia Penganut Kepercayaan Mencapai 130 Ribu Orang

Di Indonesia Penganut Kepercayaan Mencapai 130 Ribu Orang

Kabar47 –  Belakangan ini pihak dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri mengatakan bahwa warga negara Indonesia yang sudah mencatat diri merupakan seorang penghayat kepercayaan sebesar 138.791 orang hingga tanggal 30 Juni 2017. Total itu juga kemungkinan dapat semakin bertambah saat adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai uji materi Undang-undang Nomor 24 tahun 2013 mengenai Administrasi Kependudukan.

Total penganut penghayat kepercayaan tersebut juga diperkirakan sebanyak 3,14 persen melalui data penduduk yang sudah menyatakan diri merupakan seorang penganut enam agama yang sudah resmi ada di Indonesia, yaitu Buddha, Kristen, Islam, Katholik, Hindu, maupun Konghucu. Kini pihak Dukcapil akan akan segera menyebarkan formulir agar dapat diisi oleh para penghayat kepercayaan itu.

jelaspoker

Para penghayat kepercayaan yang sudah terdaftar pada pemerintah bersifat dinamis, karena itu nantinya pihaknya segera mencari pertimbangan lain supaya tidak menuliskan nama organisasi itu pada data kependudukan. Dengan keberagaman organisasi dari para penghayat kepercayaan itu juga bisa berdampak pada kerumitan masyarakat untuk mengurus pergantian data kependudukan.

Jika nantinya terdapat sejumlah organisasi penghayat kepercayaan yang akan dibubarkan, maka para penghayatnya wajib dalam mengganti serta memperbarui seluruh datanya dalam kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) serta kartu keluarga (KK). Kini, pihaknya sedang mematangkan format dalam penulisan kolom agama di e-KTP maupun KK, setelah MK mengabulkan mengenai gugatan Pasal 61 ayat (1) dan (2) UU 23/2006 juncto Pasal 64 ayat (1) dan (5) UU 24/2013 mengenai Administrasi Kependudukan.

Kemendagri saat ini sedang berkoordinasi kepada Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan juga Kementerian Agama untuk mendapatkan rumusan dalam format pencantuman agama serta kepercayaan pada data kependudukan

Untuk warga negara Indonesia yang menganut satu dari enam agama yang telah diakui oleh pemerintah, nantinya format kolom agama pada e-KTP maupun KK dapat ditulis sesuai nama agama itu. Untuk warga warga yang mau mencantumkan diri untuk penganut kepercayaan selain enam agama yang resmi itu, di dalam data kependudukannya dapat ditulis sebagai penghayat kepercayaan.

AGEN POKER ONLINE | SAKONG ONLINE | POKER ONLINE

“Daftarkan segera diri anda bersama kami di jelasbola, proses daftar-deposit-withdraw yang mudah dan cepat 24 jam, hanya dengan deposit 50 ribu saja anda sudah bisa bergabung bersama JELASBOLA Agen Judi Online Terpercaya”

JELASBOLA POSTING BANNER

Silahkan Hubungi Costumer Service JELASBOLA
Kami Siap Membantu Anda 24 jam non-stop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *