Indonesia Siap Tandatangani Perjanjian Investasi ASEAN

Indonesia Siap Tandatangani Perjanjian Investasi ASEAN

Indonesia Siap Tandatangani Perjanjian Investasi ASEAN

Kabar47 –  Usai berjuang pada perundingan ASEAN di Jepang pada tahun 2014, Indonesia sudah dapat mendorong sejumlah Menteri Ekonomi ASEAN serta pada Menteri Perdagangan Jepang agar dapat menyelesaikan perundingan itu yakni dengan cara memasukkan usulan Indonesia mengenai perjanjian investasi. Hal tersebut dikatakan oleh Enggartiasto Lukita selaku Menteri Perdagangan saat melakukan perundingan ASEAN dengan Japan Comprehensive Economic Partnership (AJCEP) di Manila, Filipina.

Protokol tersebut juga telah mengakomodir perjanjian dalam beberapa bidang investasi dan jasa maupun Movement of Natural Persons (MNP) yang turut masuk ke dalam Persetujuan Induk AJCEP. Karenanya, jika semua pihak, khususnya Indonesia, bisa menandatangani Protokol tersebut sebelum bulan Maret 2018, maka cakupan kerja sama dari AJCEP dapat sama terhadap Persetujuan ASEAN 1 FTA lainnya yakni pada bidang Perdagangan Barang dan Jasa serta Investasi.

jelaspoker

Kesepakatan tersebut adalah sebuah upaya Indonesia untuk bisa menyesuaikan Persetujuan Internasional, yakni adalah sebuah kerja sama ASEAN dengan Jepang dalam bidang investasi menggunakan UU Penanaman Modal. Secara ketentuan yang telah disepakati nantinya untuk penanganan sengketa, yang jika terjadi dari Investor Jepang dengan Pemerintah Indonesia, bisa segera diselesaikan secara mekanisme dimana prinsipnya agar dapat memberi hak cukup berimbang untuk pemerintah serta pihak investor asing.

Bukan hanya sekedar memperjuangkan isu ISDS itu, nantinya Indonesia bersama Jepang pun sudah berhasil menyelesaikan mengenai adanya isu transposisi dalam tarif bea masukke Indonesia. Sebelumnya, isu tersebut tidak berhasil disepakati mulai dari tahun 2010 membuat Indonesia tidak bisa mengimplementasikan dalam Persetujuan Induk AJCEP serta telah berencana agar dapat mengimplementasikannya dari tahun 2018 mendatang.

Bila dilihat dari mata hukum, penyelesaian tersebut adalah sebuah prasyarat untuk Indonesia agar bisa menandatangani Protokol Perubahan Persetujuan AJCEP tersebut. Untuk Indonesia, Jepang adalah sebuah negara tujuan ekspor nonmigas yang ke-3 terbesar tahun 2016 lalu yakni total nilai perdagangan sebesar 29 miliar dollar AS ditambah surplus perdagangan mencapai 3,2 miliar dollar AS untuk Indonesia.

Ekspor dari pemerintah Indonesia menuju Jepang pada tahun 2016 mencapai 16,1 miliar dollar AS serta impor senilai 12,9 miliar dollar AS. Kemudian untuk periode tahun 2012 sampai 2016, Jepang tercatat merupakan negara investor ke-2 yang paling besar di Indonesia yakni jumlah investasi sebesar 18,2 miliar dollar AS.

Untuk tahun yang sama, Jepang pun adalah sebuah mitra dagang paling besar ke-3 ASEAN. Nilai untuk perdagangan ASEAN dari Jepang sebesar 221,7 miliar dollar AS, yakni sekitar 10 persen melalui keseluruhan nilai perdagangan ASEAN terhadap negara lainnya.

AGEN CAPSA ONLINE | ADUQ ONLINE | BANDARQ ONLINE

“Daftarkan segera diri anda bersama kami di jelasbola, proses daftar-deposit-withdraw yang mudah dan cepat 24 jam, hanya dengan deposit 50 ribu saja anda sudah bisa bergabung bersama JELASBOLA Agen Judi Online Terpercaya”

JELASBOLA POSTING BANNER

Silahkan Hubungi Costumer Service JELASBOLA
Kami Siap Membantu Anda 24 jam non-stop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *