Ini Sepak Terjang Mantan Diktator Yaman Tewas Terbunuh

Ini Sepak Terjang Mantan Diktator Yaman Tewas Terbunuh

Ini Sepak Terjang Mantan Diktator Yaman Tewas Terbunuh

Kabar47 –  Ali Abdullah Saleh yang merupakan sosok Mantan Presiden Yaman, terbunuh hari Senin kemarin saat terjadi bentrokan dari kelompok pemberontak Huthi dengan loyalisnya. Dilansir melalui AFP, Saleh sempat memerintah Yaman selama lebih dari tiga dekade dengan tangan besinya, membuatnya sebagai pemain kunci yang sudah lama usai pengunduran dirinya tahun 2012 silam.

Ia dikenal cukup ahli dalam menavigasi politik Yaman dimana terlihat cukup kompleks. Ia juga terlihat selamat dari pemberontakan Al Qaeda di selatan, pemberontakan di utara, perang saudara, maupun serangan bom bulan Juni 2011 di istananya dimana hanya membuatnya terluka parah. Tahun 2014, ia juga bersekutu dengan mantan musuhnya, yaitu pemberontak Huthi melalui utara Yaman, dalam membalas dendam untuk sejumlah orang yang sempat memaksanya agar bisa turun dari kekuasaan.

jelaspoker

Badannya yang besar ditambah mata tajam dan kumis, Saleh adalah salah satu orang paling kuat di Yaman. Tahun 2015, panel ahli PBB mengatakan bahwa ia sudah melakukan korupsi dengan uang yang terkumpul sebesar 60 miliar dollar Amerika Serikat, walaupun Yaman sendiri sudah mengalami kemiskinan sampai 33 tahun kekuasaannya.

Saleh datang melalui minoritas Zaidi yang sama dengan Huthi. Ia kemudian bergabung dengan tentara dalam usia 20 tahun kemudian mengambil bagian saat terjadinya kudeta pada tahun 1962 kepada pemimpin dari Yaman Zaidi.

Terjadinya perang sipil sekitar enam tahun selanjutnya kemudian berakhir atas kemenangan untuk nasionalis dimana saat itu didukung Mesir tahun 1968, lalu segera membentuk Republik Arab Yaman, dimana juga dikenal dengan Yaman Utara. Beberapa bulan sebelumnya, Yaman Selatan yang independen juga dibentuk menyusul atas penarikan Inggris, lalu menjadi Republik Demokratik Rakyat Yaman dimana dikuasai oleh komunis.

Yaman Selatan adalah satu-satunya negara yang komunis di Timur Tengah. Lalu pada akhirnya negara tersebut bersatu dengan Yaman Utara tanggal 22 Mei 1990 untuk membentuk Republik Yaman. Saleh sendiri diketahui tewas dalam usia 75 tahun. Kematiannya tersebut dapat dipastikan segera mengubah jalan politik di Yaman, sebagai sebuah negara yang sudah dicengkeram konflik hingga tiga tahun belakangan ini.

ADUQ ONLINE | BANDARQ ONLINE | BANDAR POKER

“Daftarkan segera diri anda bersama kami di jelasbola, proses daftar-deposit-withdraw yang mudah dan cepat 24 jam, hanya dengan deposit 50 ribu saja anda sudah bisa bergabung bersama JELASBOLA Agen Judi Online Terpercaya”

JELASBOLA POSTING BANNER

Silahkan Hubungi Costumer Service JELASBOLA
Kami Siap Membantu Anda 24 jam non-stop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *