Penjualan Kosmetik Ilegal Secara Online Sulit Diawasi

Penjualan Kosmetik Ilegal Secara Online Sulit Diawasi

Penjualan Kosmetik Ilegal Secara Online Sulit Diawasi

Kabar47 –  Sejumlah obat-obatan maupun bahan pangan yang kini sidah diperjualbelikan dengan online cukup sulit untuk diawasi. Hal tersebut dikeluhkan oleh Kashuri selaku Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Pekanbaru. Kesulitan itu salah satunya sebab obat-pangan tersebut tak mempunyai label sertifikasi serta alamat yang jelas.

Selama ini jenis obat yang cukup banyak diperjualbelikan dari daring yakni kosmetik yang mengandung pemutih contohnya mercuri, asam resinoat, dapat menyebabkan iritasi yakni terbakar kulit dan lainnya. Ia mengatakan pengawasan kepada para penjual produk lewat daring sulit dipantau sebab mereka tak dapat memantau tindak lanjut karena teguran yang sudah diberikan.

jelaspoker

Hal tersebut diakuinya menjadikan jangkauan pengawasan semakin luas dan rumit. Karena metode pengawasan tidak dapat seperti penerapan dalam toko fisik. Saat ada kandungan yang tidak aman, pihaknya dapat segera mendatangi lokasi lalu memberikan teguran dan peringatan.

Ketika pembinaan pun, BPOM lalu mendatangi toko keesokan harinya guna memantau. Kerjasama dari aparat penegak hukum juga dibutuhkan. Walau demikian, upaya dalam menjaring pelaku perdagangan obat-pangan ilegal sudah dilakukan. BPOM Pekanbaru sudah menjalin kerjasama pada pihak Bea Cukai, Kejaksaan, Kepolisian, serta aparat hukum lainnya.

Tetapi upaya itu masih belum dapat menjaring perdagangan obat-pangan di dunia maya. Ini merupakan tantangan yang baru dalam mengembangkan pelacakan dan pengawasan. Seminggu lalu pihaknya telah komitmen pada sejumlah aparat penegak hukum sampai Pengadilan Tinggi agar memberikan pemahaman jika masalah peredaran perdagangan obat-makanan ini mesti ditangani bersama. Jika tertangkap maka akan diberikan sanksi bagaimana supaya mereka jera dan tidak mengedarkan kembali.

Kashuri memberi contoh jika perdagangan obat-pangan dari darat belakangan ini dalam jumlah besar dapat dicegah karena adanya kerjasama pada pihak aparat Siak. Hasil terbesar BBPOM dan Kepolisian Resort Siak untuk memberantas obat-pangan yakni beberapa waktu lalu berhasil menggagalkan sebanyak tiga truk yang diselundupkan dari Tanjung Pinang.

Ia berharap agar nantinya kerjasama tersebut bisa menunjukkan hasil positif agar dari pihak pembeli tidak merasa dirugikan karena membeli obat atau kosmetik palsu.

AGEN POKER ONLINE | SAKONG ONLINE | POKER ONLINE

“Daftarkan segera diri anda bersama kami di jelasbola, proses daftar-deposit-withdraw yang mudah dan cepat 24 jam, hanya dengan deposit 50 ribu saja anda sudah bisa bergabung bersama JELASBOLA Agen Judi Online Terpercaya”

JELASBOLA POSTING BANNER

Silahkan Hubungi Costumer Service JELASBOLA
Kami Siap Membantu Anda 24 jam non-stop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *