Meksipun Dikritik Menter Susi Tetap Tenggelamkan Kapal Asing

Meksipun Dikritik Menteri Susi Tetap Tenggelamkan Kapal Asing

Meksipun Dikritik Menteri Susi Tetap Tenggelamkan Kapal Asing

Kabar47 – Susi Pudjiastuti selaku Menteri Kelautan dan Perikanan mengatakan bahwa aksi penenggelaman kapal asing diserang serta ditentang banyak pihak. Salah satunya oleh Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Luhut menyatakan, akan segera menyudahi aksi penenggelaman kapal asing supaya kapal dapat diberikan bagi para nelayan. Menko Luhut mengaku mulanya cukup setuju aksi penenggelaman kapal agar menjadi efek jera. Namun setelah tiga tahun berlalu, Menko Luhut mengatakan bahwa lebih baik kapal tersebut diberikan bagi kepada nelayan.

jelaspoker

Bukan cuma Luhut, Jusuf Kalla selaku Wakil Presiden pun menilai jika kebijakan penenggelaman kapal pencuri ikan telah cukup dilakukan. Ia menuturkan bahwa kapal-kapal yang ditangkap bisa dilelang maupun dipergunakan kembali, agar nantinya negara akan mendapat pemasukan. Mengingat kini diperlukan kapal-kapal untuk penangkap ikan.

Menurutnya penenggelaman kapal sudah cukup, karena Indonesia saat ini membutuhkan kapal, bukan di lain pihak membeli kapal, di lain pihak masih terdapat kapal yang tidak digunakan. Kondisi seperti itu harus disampaikan untuk Menteri Kelautan, Indonesia butuh kapal karena nilai ekspor mulai menurun belakangan ini.

Sementara itu Fadel Muhammad selaku Menteri Kelautan dan Perikanan saat era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), setuju dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla serta Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengenai aksi penghentian penenggelaman kapal asing oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Fadel mengatakan agar lebih baik kapal-kapal asing tersebut diperbaiki lalu dapat diberikan untuk para nelayan.

Saat ia menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, hanya dua kapal saja yang dihancurkan, sisanya ia bagikan untuk rakyat, ucapnya. Meski demikian, Susi tidak pernah gentar atas kebijakan tersebut dan masih akan dilanjutkan.

Ia menjelaskan bahwa kebijakan penenggelaman kapal itu adalah tugas negara yang sudah diamanatkan pada UU nomor 45 tahun 2009 mengenai perikanan. Harusnya, kapal-kapal pencuri ikan asing yang kedapatan mencuri ikan di Indonesia dapat ditenggelamkan.

Susi menuturkan jika aksi penenggelaman kapal pencuri ikan di wilayah perairan Indonesia merupakan sebuah bentuk penegakan hukum yang ada pada aturan perundang-undangan nasional. Susi mengatakan jika kebijakan tersebut tidak boleh dihentikan.

Menteri Susi menegaskan jika hampir seluruh kapal yang ditenggelamkan diproses di pengadilan. Selama ini, Menteri Susi tercatat telah menggelamkan sekitar 350 kapal asing yang sedang mencuri ikan di perairan Indonesia.

AGEN CAPSA ONLINE | ADUQ ONLINE | BANDARQ ONLINE

“Daftarkan segera diri anda bersama kami di jelasbola, proses daftar-deposit-withdraw yang mudah dan cepat 24 jam, hanya dengan deposit 50 ribu saja anda sudah bisa bergabung bersama JELASBOLA Agen Judi Online Terpercaya”

JELASBOLA POSTING BANNER

Silahkan Hubungi Costumer Service JELASBOLA
Kami Siap Membantu Anda 24 jam non-stop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *