Nelayan Juga Ikut Tenggelamkan Kapal Asing Karena Frustasi

Nelayan Juga Ikut Tenggelamkan Kapal Asing Karena Frustasi

Nelayan Juga Ikut Tenggelamkan Kapal Asing Karena Frustasi

Kabar47 –  Ditenggelamkannya kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia kembali menjadi polemik. Nyatanya, penenggelaman kapal bukan sebuah perihal yang baru ketika Susi Pudjiastuti menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan. Jauh hari sebelumnya, penenggelaman kapal pun sudah dilakukan oleh nelayan sendiri sebab merasa frustasi.

Susan Herawati selaku Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan menjelaskan hal itu. Ia menyatakan jika nelayan di Serdang Bedagai, Sumatera Utara, akan menenggelamkan serta membakar kapal asing pencuri ikan, khususnya kapal yang memakai pukat. Begitu pula dengan nelayan di sejumlah daerah di Kalimantan Utara.

jelaspoker

Walau demikian, ia menilai jika penangkapan bos pemilik kapal sepantasnya lebih penting dilakukan dibandingkan dengan menenggelamkan kapal atau sekedar menghibahkan kapal ke nelayan.

Susan mengatakan jika penenggelaman kapal atau hibah kapal asing pencuri ikan tidak akan menyelesaikan masalah yang berjangka panjang untuk nelayan Indonesia. Langkah tersebut hanya lapisan terluar dari salah satu solusi, apalagi jika Indonesia ingin dijadikan poros maritim dunia.

Ia menuturkan supaya seharusnya pemerintah menangkap aktor di balik kapal asing yang mencuri ikan, yakni bos yang mendanai kapal tersebut. Menurutnya pada umumnya pengadilan sekedar menjatuhkan hukuman untuk nakhoda, itu juga dengan hukuman minimal. Lantas pemilik kapal masih dapat mengoperasikan kapal dengan nakhoda yang lain.

Sementara itu, Rustan Effendi selaku Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) melihat bahwa penangkapan bos maupun pengusaha kapal pencuri ikan penting dilakukan sebab merekalah yang memegang peran strategis saat operasi pencurian. Rustan menyatakan jika penenggelaman kapal pencuri ikan cuma sekedar memberi efek jera, namun jangan ditenggelamkan di kawasan yang mengganggu pergerakan nelayan. Jika hibah kapal pancuri ikan asing untuk nelayan pun mesti dilakukan, namun tidak semua kapal cocok digunakan oleh nelayan Indonesia

Susan menjelaskan bahwa mesti ada perubahan UU dalam membuat aturan yang cukup progresif. Khususnya aturan dalam menjerat bos kapal asing pencuri ikan di Indonesia. Sebelumnya, Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Kemaritiman berharap agar kapal asing hasil sitaan dialihkan untuk nelayan agar dapat digunakan melaut. Tindakan tegas melakukan penenggelaman kapal membuat banyak kapal yang terdampar dan dibiarkan rusak begitu saja.

Susi Pudjastuti akhirnya merespons pernyatan dari Luhut. Ia menyatakan, penenggelaman kapal dilakukan usai ada putusan hukum oleh Pengadilan Negeri serta telah diatur pada UU Perikanan. Sedikitnya sudah ada sekitar 363 kapal yang sudah ditenggelamkan selama tiga tahun terakhir.

AGEN POKER ONLINE | SAKONG ONLINE | POKER ONLINE

“Daftarkan segera diri anda bersama kami di jelasbola, proses daftar-deposit-withdraw yang mudah dan cepat 24 jam, hanya dengan deposit 50 ribu saja anda sudah bisa bergabung bersama JELASBOLA Agen Judi Online Terpercaya”

JELASBOLA POSTING BANNER

Silahkan Hubungi Costumer Service JELASBOLA
Kami Siap Membantu Anda 24 jam non-stop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *