Penjelasan BKN Terkait Pelamar CPNS Harus Foto Selfie

Penjelasan BKN Terkait Pelamar CPNS Harus Foto Selfie

Penjelasan BKN Terkait Pelamar CPNS Harus Foto Selfie

Kabar47 – Pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ada sejumlah hal menarik. Salah satunya peserta diwajibkan untuk meng-upload foto selfie ketika sedang mendaftar. Ketika ditanya alasan mengapa harus meng-upload foto selfie, Muhammad Ridwan selaku Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan, mekanisme ini untuk menjaga agar proses seleksi CPNS 2018 terhindar dari kecurangan. Utamanya ketika proses seleksi kompetensi dasar dan kompetensi bidang (SKD dan SKB).

Untuk validasi. Jadi makanya diambil foto selfie yang ada orangnya, KTP nya, sama akun SSCN nya,” Terangnya saat ditemui di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Menurut Ridwan, pada SKD dan SKB CPNS tahun lalu, masih banyak didapatkan penggunaan joki. Sehingga dengan cara seperti ini peserta tidak mempunyai celah untuk berbuat curang.

Mekanisme selfie itu tujuannya untuk menjelaskan bahwa yang bersangkutan itu lah yang melakukan pendaftaran,” Ujarnya. Selain itu, ada persyaratan foto selfie ini juga mempunyai tujuan untuk mempermudah pelamar yang kelupaan password ketika SKD dan SKB. Sebab ada beberapa kasus yang kelupaan pasword pada seleksi CPNS 2018 lalu.

Karena banyak sekali tahun lalu itu teman-teman yang tidak ingat dengan password. Ketika ditanya buktinya tidak bisa menjawab,” jelasnya. Lagi pula lanjut Ridwan, mekanisme tersebut sudah akan di ujicoba oleh BKN. Penggunaan mekanisme tersebut sudah digunakan pada seleksi sekolah kedinasan seperti Politeknik STAN, STIE hingga STIP.

Ini sudah mulai kita jalankan waktu awal tahun ketika seleksi sekolah tinggi kedinasan memakai SSCN,” ucapnya. Sesuai dengan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 60 Tahun 2018, tertanggal 29 Agustus 2018, Sekretariat Kabinet (Setkab) membuka lowongan untuk 34 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sementara Kementerian Sekretariat Negara akan mengizinkan 82 CPNS pada penerimaan tahun 2018 ini.

Cecep Sutiawan selaku Ketua Tim Pengadaan CPNS Kemensetneg Tahun 2018, dalam pengumumannya tanggal 19 September 2019 mengatakan dari 34 CPNS yang akan direkrut Setkab itu, sebanyak 7 orang akan ditempatkan untuk formasi Analis Hukum; masing-masing 2 untuk Analis Perekonomian, Analis Polhukam, dan Analis Kesra.

Penjelasan BKN Terkait Pelamar CPNS Harus Foto Selfie

BANDARQ ONLINE | BANDAR POKER | JUDI POKER | AGEN POKER ONLINE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *