Pencarian Korban Gempa-Tsunami Sulteng Akan Segera Berakhir

Pencarian Korban Gempa-Tsunami Sulteng Akan Segera Berakhir

Pencarian Korban Gempa-Tsunami Sulteng Akan Segera Berakhir

Kabar47 – Pemerintah sudah mengeluarkan status tanggap darurat di Sulawesi Tengah selama 14 hari atau tepatnya sampai 11 Okober 2018 mendatang. Namun, waktu pencarian korban hanya akan dijalankan selama 10 hari. Masa tanggap darurat sesuai prosedur memang 14 hari sejak kejadian. Namun tak demikian dengan waktu pencarian korban, yaitu 7 hari. Ada pun masa pencarian 10 hari merupakan perpanjangan 3 hari dari waktu yang ditetapkan.

Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB menyebutkan, berdasarkan prosedur pencarian korban dari Basarnas itu hanya tujuh hari. Tapi, karena peristiwa gempa bumi dan tsunami yang terjadi beberapa saat lalu membuat masa waktunya diperpanjang sampai tiga hari. Itu sesuai dengan mekanismenya. Karena dalam proses pencarian, di atas 10 hari korban diprediksi sudah meninggal dunia,” Ujar Sutopo di Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2018).

Namun, untuk status tanggap darurat bisa dilanjutkan oleh seorang kepala daerah. Nanti mereka yang akan memperpanjang massa tanggap darurat tersebut. Memang masa tanggap darurat pertama kita terapkan 14 hari. Kemungkinan akan diperpanjang, nanti akan disampaikan hasil koordinasi kepada gubernur sebagai kepala daerah. Kepala daerah dapat meneruskan masa tanggap darurat untuk pencarian korban,” Terangnya.

Dalam masa penambahan itu, tim SAR gabungan yang dikerahkan untuk mencari korban akan dikurangi. Begitu pula dengan kekuatannya. Artinya, selama 10 hari seluruh kekuatan yang ada dilakukan untuk mencari korban. Selama 10 hari, akan diteruskan lagi mungkin tujuh hari atau empat hari sehingga total 14 hari. Tetapi kekuatan yang ada akan di minimalisir,” tukasnya

Seperti diketahui, akibat bencana yang ada itu. BNPB mencatat 1.571 orang meninggal dunia. Selain itu, juga ada 2.549 korban luka berat sampai saat ini masih dirawat di rumah sakit, baik di Palu maupun di luar Palu. Adapun korban yang hilang mencakup 113 orang. Sementara rumah rusak tercatat hampir mendekati 66.238 unit. Sampai saat ini, proses evakuasi dan pencarian masih terus dilaksanakan.Bantuan juga terus disalurkan untuk 70.821 pengungsi yang saat ini sudah tersebar di 141 titik.

Pencarian Korban Gempa-Tsunami Sulteng Akan Segera Berakhir

BANDAR POKER | JUDI POKER | AGEN POKER ONLINE | SAKONG ONLINE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *