Komisioner KPU Palembang Ditepatkan Tersangka Pidana Pemilu

Komisioner KPU Palembang Ditepatkan Tersangka Pidana Pemilu

Komisioner KPU Palembang Ditepatkan Tersangka Pidana Pemilu

Komisioner KPU Palembang Ditepatkan Tersangka Pidana Pemilu Kabar47 – Kepolisian menetapkan lima Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang sebagai tersangka dugaan pelanggaran pemilu. Kelimanya diduga telah melakukan pidana pada hari pemungutan suara Pemilu 2019 pada 17 April lalu.

Kapolresta Palembang Komisaris Besar Didi Hayamansyah membenarkan Kalau penangkapan tersangka itu, Sabtu (15/6). Kelima tersangka yaitu tersebut Ketua KPU Palembang EF, serta empat Komisioner lainnya, yakni YT, AB, AI, dan SA.

Penetapan tersangka itu sebagai tindak lanjut laporan yang dibuat Bawaslu Kota Palembang kepada Gakkumdu, yang menilai para komisioner KPU Kota Palembang tak menjalankan rekomendasi digelarnya pemungutan suara ulang atau PSU.

Rekomendasi PSU dikeluarkan Bawaslu kepada KPU karena banyaknya daftar pemilih tetap yang tidak dapat ikut mencoblos akibat ada nya kekurangan surat suara. Karena hal itu, banyak warga di kawasan Ilir Timur II, Palembang yang kehilangan hak pilihnya saat gelar PSU 27 April 2019.

Komisioner KPU Palembang Ditepatkan Tersangka Pidana Pemilu


Agen Poker Terpercaya

Sementara Kasat Reskrim Polresta Palembang Komisaris Yon Edi Winara menambahkan, laporan Bawaslu itu tertuang dalam nomor LPB/1105/V/2019/Sumsel/Resta. Lima komisioner KPU Palembang tersebut diduga melakukan tindak pidana pemilu sebagaimana diatur dalam Pasal 554 subsider Pasal 510 nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP.

Selain pemeriksaan para tersangka, Yon berujar, penyidik pun sudah memeriksa pelapor, saksi, anggota KPU Palembang, serta saksi ahli. Pihaknya pun masih sedang mengumpulkan bukti lanjutan guna memperkuat penyelidikan. Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Selatan menerima sejumlah laporan mengenai aparatur sipil negara (ASN) yang bertindak tidak netral dalam penyelenggaraan Pemilu 2019.

Pada saat ini Bawaslu tengah memproses untuk memulai kajian. Salah satu yaitu Bawaslu kota/kabupaten yang banyak menerima laporan kecurangan pemilu adalah Palembang. Salah satunya laporan datang Yudha Pratama, warga Palembang. Yudha melaporkan dugaan kecurangan pemilu yang melibatkan oknum pejabat lurah dan camat.

Menurut Yudha, dugaan kecurangan itu terjadi secara terstruktur, sistematis, dan masif. Camat secara hierarkis memerintahkan lurah yang kemudian memberikan instruksi kepada Ketua RW dan RT untuk memenangkan partai dan salah seorang caleg.

SAKONG ONLINE | DOMINO QQ |BANDAR POKER | AGEN POKER

“Daftar Segera Di JELASBOLA”

Agen Judi Bola Paling JELAS 2019

Silahkan Hubungi Costumer Service JELASBOLA
CS Siap Membantu Anda 24 jam non-stop.

Facebook Comments