Penjelasan Jokowi Pakai Songkok Emas Di Sidang Tahunan

Penjelasan Jokowi Pakai Songkok Emas Di Sidang Tahunan

Penjelasan Jokowi Pakai Songkok Emas Di Sidang Tahunan

Kabar47 –  Songkok yang digunakan oleh Bapak Presiden Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraan di sidang tahunan antara MPR atau Majelis Permusyawaratan Rakyat, DPR atau Dewan Perwakilan Rakyat, DPD atau Dewan Perwakilan Daerah, di Gedung Nusantara, Jakarta, pada hari ini adalah songkok adat bangsawan Bugis-Makassar yang dikenal dengan sebutan Songkok To Bone, yang berarti Songkok Orang Bone. Lalu sudah biasa songkok berlapis emas ini disebut Songkok Recca, yang berarti pelepah daun Lontar yang dihancur-hancurkan.

Keistimewaan songkok To Bone adalah lapisan emas yang menentukan derajat kebangsawanannya kata Aci dan orang lebih kenal dengan Songkok yang biasa disebut Pamiring Ulaweng atau berlapis emas. Jika bagian berlapis emas lebih dominan dari bahan serat Lontar, maka derajat bangsawannya tinggi, yang biasa digunakan bagi bangsawan bergelar Bau, Baso, Arung, Petta, Andi dan Karaeng kata Aci menjelaskan.

jelaspoker

Tempat pembuat Songkok To Bone ini berada di Desa Paccing, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone, sekitar 200 kilometer dari Makassar kata Aci menuturkan. Salah satu pembuat Songkok To Bone yang terkenal adalah Haji Rahman kata Aci tempat tinggal Bapak Haji Rahman di jalan poros Bone-Wajo, Desa Paccing kata Aci. Biaya membuat songkok ini juga ditentukan oleh jumlah lapisan benang emas yang digunakan, yang berkisar jutaan rupiah kata Aci memaparkan.

Replika songkok To Bone dapat dibeli di sejumlah toko Ole-ole di kawasan cinderamata jalan Somba Opu dan Pantai Losari, Makassar. Seperti di toko Ole-ole Toraja yang berada di jalan Penghibur, Pantai Losari, replika Songkok To Bone yang berkualitas paling bagus dijual Rp 750 ribu dan kualitas standar Rp 200 ribu kata Aci menjelaskan.

Menurut Aci pemilik toko Ole-ole Toraja songkok To Bone didatangkan khusus dari Kabupaten Bone yang diminati turis domestik dan turis mancanegara kata Aci.

Selain songkok To Bone Bapak Presiden Joko widodo juga mengenakan Sarung Sutra Bugis kata Aci Harga sarung Sutra Lagosi dari Kabupaten Wajo, juga bernilai jutaan rupiah perlembarnya. Sarung sutra ini merupakan sarung khas masyarakat etnis Bugis dan Mandar yang biasa digunakan untuk kegiatan seremonial adat dan acara lainnya kata menjelaskan tertang masalah kebudayaan.

Lalu pakaian adat Bugis-Makassar yang dikenakan oleh Bapak Presiden Joko widodo dipasangkan oleh Jamil staf kantor perwakilan Pemprov Sulawesi Selatan di Bali yang didatangkan khusus ke Istana Bogor. Menurut penuturan Jamil pakaian adat Bugis yang digunakan dan dikenakan Bapak Presiden Joko widodo merupakan hadiah dari Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo kata Aci memaparkan.

“Daftarkan segera diri anda bersama kami di jelasbola, proses daftar-deposit-withdraw yang mudah dan cepat 24 jam, hanya dengan deposit 50 ribu saja anda sudah bisa bergabung bersama JELASBOLA Agen Judi Online Terpercaya”

JELASBOLA POSTING BANNER

Silahkan Hubungi Costumer Service JELASBOLA
Kami Siap Membantu Anda 24 jam non-stop.

Facebook Comments