Website KPU Diserangan Siber, KPU Jamin Semua Aman

Website KPU Diserangan Siber, KPU Jamin Semua Aman

Website KPU Diserangan Siber, KPU Jamin Semua Aman

Website KPU Diserangan Siber, KPU Jamin Semua Aman Kabar47 – Komisioner Komisi Pemilihan Umum Pramono Ubaid Tantowi menjamin untuk perolehan suara hasil pemilu serentak tahun 2019, baik pemilu legislatif ataupun pemilu eksekutif tidak akan berubah meski ada serangan siber ke website yang di miliki oleh KPU.

Hal ini ia sampaikan untuk merespon pernyataan Ahli Digital Forensik Ruby Alamsyah yang menyebutkan terdapat beberapa serangan siber ditujukan kepada KPU saat hari pencoblosan atau pada 17 April 2019. Lebih lanjut, Pramono mengatakan tidfak ada persoalan berarti apabila sistem teknologi informasi KPU kerap kali diserang oleh para peretas di Pemilu 2019.

Dia lalu menyindir berbagai pihak yang kerap mengatakan sistem IT milik KPU bermasalah di Pemilu kali ini sebagai orang yang tak mengerti tentang teknis penyelenggaraan pemilu di Indonesia. Lebih lanjut, Pramono lantas menjelaskan bahwa sistem informasi penghitungan suara (Situng) milik KPU tak dijadikan sebagai rujukan akhir terhadap hasil Pemilu 2019.

Website KPU Diserangan Siber, KPU Jamin Semua Aman


Agen Poker Terpercaya

Sebab, kata dia, keputusan resmi hasil Pemilu serenctak tahun 2019 ditetapkan melalui mekanisme rekapitulasi penghitungan secara manual dan berjenjang. Penghitungan suara secara berjenjang sendiri dimulai dari rekapitulasi lalu tingkat TPS, kecamatan, hingga yang terakhir ke tingkat nasional.

Sebelumnya Ahli IT Ruby Alamsyah mengatakan jika sistem IT milik KPU mengalami serangan oleh denial-of-service atau DDos. DDos merupakan serangan siber di mana peretas sengaja menyerang server layanan tertentu. Caranya dengan membanjiri server layanan tersebut dengan lalu lintas yang sangat tinggi, sehingga situs atau aplikasi tersebut sulit diakses oleh pengguna yang lain.

Ruby mengatakan DDos ini kemudian akan membuat server KPU down. Ketika server down, masyarakat dibuat bertanya-tanya mengenai hal itu. Tidak hanya itu,
Ruby juga mengatakan ada upaya yang dilakukan peretas untuk menyerang Situng KPU. Peretas berusaha untuk mengubah angka hasil perhitungan dalam Situng.

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menolak menindaklanjuti laporan dugaan kesalahan input data dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal itu diutarakan oleh Ketua Bawaslu Abhan dalam sidang pendahuluan yang digelar di Ruang Sidang Bawaslu RI,
Jalan MH Thamrin, Senin (4/2).

BANDAR POKER | Agen POKER |POKER ONLINE | CAPSA SUSUN

“Daftar Segera Di JELASBOLA”

Agen Judi Bola Paling JELAS 2019

Silahkan Hubungi Costumer Service JELASBOLA
CS Siap Membantu Anda 24 jam non-stop.

Facebook Comments